Jago Ngoding

Nggak jago beneran, cuman pingin berbagi aja

10 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Tahun 2017

7 months ago · 4 MIN READ
#Teknologi 

Jika kalian adalah programmer yang berkecimpung di dunia koding, atau pun masih seorang pelajar atau mahasiswa yang ingin bekerja jadi seorang programmer, maka mengetahui pergerakan tentang bahasa pemrograman bisa jadi adalah sesuatu yang kalian butuhkan. Paling tidak bisa sedikit memberi gambaran tentang dunia kerja.

Pergerakan tentang dunia koding bisa dipantau di dari banyak tempat. Salah satunya adalah Github.

Github adalah salah satu perusahaan yang paling tahu banyak tentang kondisi yang terjadi di dunia koding. Github memiliki 24 juta users di 200 negara yang berbeda. Yang bekerja di 377 bahasa pemrograman yang juga berbeda. Di antara user-user tersebut ada yang bekerja di beberapa perusahaan raksasa semisal Aple, Google dan Facebook.

Mereka semua menggunakan github untuk mempublikasikan kode-program mereka yang bersifat open source ke dunia luas.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di akhir tahun Github selalu memberikan gambaran tentang banyak hal yang terjadi selama setahun kebelakang, termasuk di antaranya adalah tentang bahasa pemrograman yang paling populer.

Berikut ini adalah 10 bahasa pemrograman yang paling populer di tahun 2017 menurut github.

10. C

C adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling tua yang masih aktif digunakan saat ini. C pertama kali dibangun oleh Dennis Ritchie pada tahun antara 1969 dan 1973 [1]. Dan sejak saat itu bahasa C terus menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di setiap waktu.

9. Go

Pada November kemarin, Go telah memasuki tahun ke 8 setelah dipublikasi ke publik sebagai project open source. Go sendiri adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2009 dan juga oleh komunitas yang lain yang ikut berkontribusi [2].

Secara performa, Go memiliki kecepatan yang bagus. Bahkan dalam beberapa kasus bisa lebih cepat dari pada python (versi 2 dan 3) [3]. Hasil benchmark perbandingannya bisa dilihat di sini.

8. C#

Yang selanjutnya adalah C#.

Bahasa pemrograman ini dibaca "C-Sharp". Dibangun oleh Microsoft. Termasuk salah satu bahasa pemrograman yang multi purpose, anda bisa menggunakan bahasa ini untuk membangun aplikasi yang berjalan di sistem operasi windows, bisa juga untuk aplikasi server, database aplikasi, dan sebagainya [4].

7. CSS

CSS (Cascading-Style-Sheet) adalah salah satu bahasa yang digunakan untuk mengatur bagaimana komponen web kita ditampilkan di browser. Seperti mengatur warna, background, font, dan lain sebagainya.

6. C++

C++ adalah bahasa pemrograman general-purpose. Mendukung konsep OOP (Object Oriented Programming). Pertama kali dibangun oleh Bjarne Stroustrup sebagai "pengembangan" dari bahasa C [5]. Oleh karena itu dengan bahasa ini kita bisa menulis dengan gaya "C" mau pun dengan cara OOP.

5. PHP

PHP adalah akronim rekursif dari "PHP Hypertext Preprocessor", bahasa pemrograman "general-purpose" yang digunakan secara umum untuk web sistem dan bisa diembed ke HTML [6].

Pada saat ini sudah banyak situs-situs besar di dunia yang menggunakan PHP, salah satunya adalah Facebook dan Tumblr.

4. Ruby

Ruby adalah...

Bahasa pemrograman open source dinamis, mudah dimengerti dan produktif. Sintaks Ruby elegan, natural, mudah dibaca dan ditulis.

Bahasa ini cukup banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi web, dengan frameworknya yang sangat populer bernama: Ruby on Rails.

Banyak yang mengklaim bahwa bahasa ini cukup sederhana dan mudah untuk dipelajari.

3. Java

Java pertama kali dibangun oleh Sun Microsystem pada tahun 1991 sebagai bahasa pemrograman untuk televisi interaktif. Setelah dibeli oleh Oracle, java berubah menjadi general-purpose programming language.

Sekarang java merupakan bahasa pemrograman yang digunakan di hampir semua aplikasi android.

Pada tahun sebelumnya, java menempati peringkat ke dua bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Akan tetapi pada tahun ini turun satu peringkat.

2. Python

Python salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipelajari, dan juga paling mudah dibaca.

Banyak juga digunakan untuk kebutuhan komputasi pada bidang kecerdasan buatan mau pun statistik.

Pyhton termasuk bahasa pemrograman yang sedang meninggi kepopularitasannya pada tahun ini setelah berhasil menggeser posisi java dari posisi 2 ke posisi 3.

1. Javascript

Dan yang menempati posisi teratas adalah... Javascript.

Javascript bisa dikatakan adalah bahasa pemrograman paling penting saat ini. Di mana tingginya kuantitas aplikasi berbasis web membuat javascript berada di posisi yang tidak pernah ditempati javascript sebelumnya [7].

Tidak hanya itu, dengan munculnya node.js pada kisaran akhir tahun 2015 benar-benar membawa javascript ke lingkungan baru. Di mana developer yang biasanya berkutat di front-end bisa ikut menceburkan diri di backend tanpa perlu mempelajari bahasa yang baru.

Hal itu juga yang membuat kepopularitasan Javascript kian melambung hingga menjadi bahasa pemrograman yang paling aktif di dunia beberapa tahun terakhir (menurut github).

Kesimpulan

Dengan mengetahui pergerakan bahasa pemrograman di github setahun belakangan ini, kita bisa memperkirakan skill apa yang perlu kita dalami dan juga bisa memberikan kita gambaran tentang kebutuhan dunia kerja untuk tahun berikutnya.

Kesimpulan lain yang dirilis oleh github sendiri, mereka mengatakan bahwasanya python berhasil menggeser bahasa pemrograman terpopuler kedua di github, dengan pertumbuhan jumlah pull request 40% lebih besar dari pada tahun sebelumnya. Bahasa pemrograman lain yang juga mengalami pertumbuhan pada tahun ini adalah Typescript yang menduduki peringkat 11 terpopuler di github.

grafik-github.jpg

Kalau kamu, bahasa apa yang paling kamu sukai?

Silakan tulis di kolom komentar! Terima kasih!

NB: Untuk yang ingin melihat versi lengkap rekap tahun 2017 dari github, bisa langsung kunjungi link-nya: https://octoverse.github.com/

Referensi:

[1] Wikipedia, https://en.wikipedia.org/wiki/C_(programming_language), diakses tanggal 31 Desember 2017
[2] Wikipedia, https://en.wikipedia.org/wiki/Go_(programming_language), diakses tanggal 31 Desember 2017
[3] Tigran Bayburtsyan, "5 Reasons Why We switched from Python To Go", https://hackernoon.com/5-reasons-why-we-switched-from-python-to-go-4414d5f42690, diakses pada tanggal 31 Desember 2017
[4] "Introduction to the C# Language and the .NET Framework", https://docs.microsoft.com/en-us/dotnet/csharp/getting-started/introduction-to-the-csharp-language-and-the-net-framework, diakses pada tanggal 31 Desember 2017
[5] "C++ Programming Language", https://www.techopedia.com/definition/26184/c-programming-language, diakses pada tanggal 31 Desember 2017
[6] "PHP: What is PHP?" http://php.net/manual/en/intro-whatis.php, diakses pada tanggal 31 Desember 2017
[7] Sebastián Peyrott, "A Brief History of JavaScript", https://auth0.com/blog/a-brief-history-of-javascript/, diakses pada tanggall 31 Desember 2017

···

Ibnu Jakaria

Muslim


comments powered by Disqus


Proudly powered by Canvas · Sign In