Jago Ngoding

Nggak jago beneran, cuman pingin berbagi aja

Mengatasi Error ‘add-apt-repository command not found’ Pada Ubuntu/Debian

3 months ago · 1 MIN READ
#Ubuntu  #Ubuntu 17.04  #Ubuntu 17.10  #Ubuntu 18.04 

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang cara menangani error add-apt-repository command not found yang sering terjadi pada Ubuntu, Debian atau keluarga-keluarganya.

Pertama-tama, kita ketahui bahwa ketika kita hendak menginstall sesuatu di Ubuntu atau Debian, kebanyakan kita akan menambahkan PPA tersendiri atau Personal Package Archive.

Dan untuk menambahkannya, kita biasanya menggunakan perintah add-apt-repository.

sudo add-apt-repository <nama-ppa>

Banyak yang mengira bahwa perintah add-apt-repository ini sudah ada secara default bersama OS kita. Akan tetapi ketika kita mencoba menambahkan ppa dengan mengeksekusi perintah tersebut, kita justru mendapatkan pesan error seperti ini: sudo: add-apt-repository: command not found.

VirtualBox_Ubuntu 18.10_18_04_2019_13_44_21-cropped.png

Itu artinya perintah add-apt-repository tidak otomatis ada ketika kita memasang OS (tergantung versi tentunya), akan tetapi kita perlu menginstall paket software-properties-common terlebih dahulu agar kita bisa menggunakan perintah add-apt-repository tersebut.

Update Source List

Baik, caranya cukup simpel. Langkah pertama pastikan dulu kita mengupdate source list Ubuntu/Debian kita dengan perintah sudo apt update.

sudo apt update

Hal ini bertujuan agar ketika kita menginstall software-properties-common, kita mendapatkan versi yang terbaru. Apalagi jika anda baru pertama kali install Ubuntu dan belum pernah melakukan perintah sudo apt update, anda tidak akan bisa melakukan instalasi software apa pun secara umum.

Install software-properties-common

Setelah kita mengupdate informasi list software yang bisa kita download melalui perintah sudo apt update, langkah selanjutnya adalah mengintsall software-properties-common dengan melakukan perintah berikut:

sudo apt install software-properties-common

VirtualBox_Ubuntu 18.10_18_04_2019_13_45_19.png

Tara! Ketika sekarang anda menjalankan perintah add-apt-repository, anda tidak lagi menemukan error yang sebelumnya! Gampang kan caranya?

Semoga bermanfaat!

···

Nurul Huda

Muslim


comments powered by Disqus


Proudly powered by Canvas · Sign In